Thursday, April 25, 2013

Menggunakan Nama Domain Sendiri untuk Blog Anda

Mungkin Anda mempunyai keinginan menggunakan nama domain sendiri untuk blog Anda. Tapi Anda belum tahu cara menampilkannya di Blogger. Blogger menawarkan dua opsi penerbitan gratis untuk blog Anda: hosting di Blogspot (namaDomain.blogspot.com) dan hosting pada domain kustom Anda sendiri (www.namaDomain.com). Setiap saat Anda dapat mengubah opsi penerbitan ini kapan saja, dan tentunya konten Anda tidak berubah tergantung dari opsi yang Anda pilih.

Sekarang, apakah Anda ingin membeli domain baru melalui Blogger atau mempublikasikan nama domain yang sudah Anda miliki, berikut ini adalah cara mengatur blog Anda untuk custom domain.

Opsi 1 : Membeli kustom domain melalui Blogger

Jika Anda sudah memiliki akun Blogger, silahkan Anda masuk dan tekan tombol Setting. Temukan area Publishing. Kemudian, klik link +Add a custom domain untuk menambahkan nama domain yang ingin Anda kustom, masukkan nama domain yang Anda inginkan, lalu klik Check Availability untuk memeriksa apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia.

Link periksa nama domain ini akan membawa Anda ke situs Google Apps. Disini Anda akan mengetahui apakah domain yang Anda pilih masih tersedia atau tidak. Jika ya, lanjutkan untuk mendaftarkan nama domain Anda, untuk kemudian Anda akan diarahkan ke Google Checkout. Disini Anda diminta menentukan metode pembayaran (biaya tahunan sebesar $ 10, free hosting !). Jika nama yang dipilih tidak tersedia, maka coba lagi dengan nama yang berbeda sampai Anda menemukan nama yang tepat sesuai keinginan. Disarankan agar Anda membuat nama yang unik!.

Setelah pembayaran Anda selesai diproses, selanjutnya Anda akan menerima email konfirmasi dari Blogger dimana link konfirmasi ini sekaligus dapat dijadikan media kunci masuk ke Google Apps.

Selamat!. Sekarang Anda sudah memiliki nama domain sendiri, meskipun Anda harus sedikit bersabar untuk melihat tampilannya. Biasanya butuh waktu proses sekitar 24 jam agar blog Anda tersambung ke nama domain Anda. Dalam proses ini semua konten di dalam blogspot Anda akan tetap utuh.

Opsi 2 : Hosting Blog dengan URL yang sudah dimiliki

  1. Cari pengaturan DNS (Domain Name System) pada panel kontrol website register domain Anda. Untuk menghubungkan blog Anda ke domain kustom Anda, ikuti petunjuk di bawah untuk memasukkan "CNAME" dan "A-Records."

    CNAME
    atau Canonical Name, adalah record yang di-entri dalam Domain Name System (DNS) yang nantinya akan menentukan pengguna menemukan halaman web Anda, atau URL. CNAME digunakan untuk mengasosiasikan domain kustom Anda dengan blog Anda.

    Sebagai inisiasi, cukup masukkan "www" dan daftarkan ghs.google.com sebagai Host Name. Lihat petunjuk rinci pada penyediaan CNAME bagi berbagai pendaftar. Jika Anda tidak terdaftar, atau jika mengalami kesulitan dalam hal ini, Anda bisa menghubungi tim help desk yang berkaitan dengan registrasi domain Anda.

    A-Record (opsional)
    Ini hanya sebagai pilihan, apabila Anda ingin menghubungkan (link) suatu domain polos (contoh: namaDomain.com) ke situs Anda yang sebenarnya (www.namaDomain.com). Jika Anda tidak melakukan langkah ini maka pengunjung yang tidak menyertakan "www" pada penulisan nama URL akan muncul halaman error.

    Masukkan nama domain Anda dalam format namaDomain.com, lalu daftarkan alamat IP yang ditunjukkan di bawah "A". Anda harus membuat empat A-Record secara terpisah yang menunjuk ke empat IP Google yang berbeda:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
  2. Perbaharui Pengaturan Blogger (Update Blogger Setting)
    Sebelum Anda melakukan langkah ini, Anda harus menunggu sekitar satu jam sampai DNS Anda aktif. Jika Anda melakukan perubahan pengaturan publish sebelum DNS aktif, maka Anda akan menerima pesan peringatan!.

    Sekarang saatnya untuk memastikan Blogger tahu tentang custom domain Anda sehingga Google dapat mengarahkan pembaca ke blog Anda. Silahkan Anda kembali ke Blogger dan memperbarui informasi di Settings | Basic tab. Cari Publishing dan klik link +Add a custom domain untuk menambahkan domain yang Anda kustom.


Lalu klik "Switch to advanced settings"

Masukkan pada kolom URL domain kustom Anda di kotak teks yang disediakan, dan klik Save. Cukup! Selanjutnya alamat blogspot.com Anda akan segera dialihkan ke domain baru yang Anda kustom. Tapi Anda harus bersabar, karena perlu hingga 24 jam untuk redirect mulai dapat bekerja.



Demikianlah semoga dapat bermanfaat... 

0 komentar:

Post a Comment