Tuesday, April 30, 2013

Castellfollit de la Roca, Kota di atas Bukit Cadas


Castellfollit de la Roca adalah sebuah kotamadya di comarca dari Garrotxa, di provinsi Girona, Catalonia, Spanyol. Kota ini didiami sekitar 1.000 penduduk di daerah kurang dari satu kilometer persegi, dan merupakan salah satu kota terkecil di Catalonia. Ini kawasan kota kecil yang berbatasan dengan pertemuan Sungai Fluvià dan Toronell, yang membelah kota di antara tebing-tebing cadas yang spektakuler.

Meskipun sebagai kota kecil, pemandangan gereja dan rumah-rumah yang tinggi di tepi tebing-tebing curam menjadi salah satu daya tarik yang paling banyak difoto dan dilukis di Catalonia. Apalagi sudut pandang alam yang megah menghadap lembah dua sungai. Keunikan dari Castellfollit de la Roca adalah kotanya yang berdiri diatas tebing.


The Basalt CLIFF

Pada saat orang membicarakan Castellfollit de la Roca, maka tidak lepas dari The Basalt Cliff, yaitu sedimentasi lava setinggi 50 meter dan memanjang hampir satu kilometer, dimana kota ini berdiri di atasnya. Basalt Cliff menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Fenomena alam ini terjadi akibat erosif sisa-sisa lava letusan gunung berapi ribuan tahun lalu yang mengalir ke sungai Fluvià dan Toronell.

Menurut pengamatan para ahli, saat Lava mengeras, maka menjadi basalt, lalu membatu beraneka bentuk. Proses pendinginan ini membuat kontraksi pada dinding bukit dan menciptakan lekukan-lekukan yang menarik. Ada dua wilayah yang memiliki cerukan tebing menarik di Catalonia. Tebing dengan bentuk lembaran terjadi 217.000 tahun yang lalu ada di wilayah desa Batet, dan dengan bentuk prismatik di bagian lainnya akibat letusan gunung berapi Begudà sekitar 192.000 tahun lalu. Kalau diperhatikan, mungkin tidak jauh berbeda fenomena alam disini dengan Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, ya...? [ed]


0 komentar:

Post a Comment