Tuesday, March 25, 2014

Pulau Jeju, Sebuah Keindahan Korea

Salah satu daya tarik wisata Korea saat ini adalah Jeju!. Kalau Indonesia punya Bali sebagai pulau Dewata, maka Jeju adalah pulau Nirwana; letaknya di sebelah barat daya Semenanjung Korea dan telah ditetapkan sebagai Daerah Istimewa Jeju. 

Pulau ini merupakan pulau terbesar di Korea. Lebih dari 90 persen wilayah pulau vulkanik yang terkenal di dunia ini dilapisi dengan batuan basal. Pulau dengan lokasi strategis ini merupakan penghubung antar benua (Rusia dan Cina), serta penghubung antar negara-negara kepulauan (Jepang dan Asia Tenggara). Akhir-akhir ini pulau dengan pemandangan alam yang sangat indah ini menjadi kunjungan utama para wisatawan saat mengunjungi Korea.

Samda-do - Pulau dengan tiga hal yang melimpah
Pulau Jeju dijuluki dengan nama Samda-do atau pulau dengan tiga hal yang melimpah karena di pulau ini terdapat banyak bebatuan, angin dan wanita. Hmm..

Sammoo-do - Pulau dengan tiga kekurangan
Pulau Jeju juga dijuluki dengan nama Sammoo-do atau pulau tanpa tiga hal karena di pulau ini tidak ada pencuri, pengemis dan pagar-pagar rumah.

Pulau Jeju dahulu dikenal sebagai Kerajaan Tamna, sebuah kerajaan yang berkuasa selama 464 tahun. Pulau ini berbentuk oval sepanjang 73 km dari Timur ke Barat dan 41 km dari Utara ke Selatan, dengan Gunung Halla yang berada ditengah-tengahnya.

Pulau ini memiliki jalan lingkar pantai sepanjang 181 km dari garis pantai sepanjang 258 km. Iklim disini sedang, suhunya hampir tidak pernah mencapai minus nol derajat walaupun di musim dingin. Yang menarik di Jeju, pulau ini dipenuhi dengan bukit-bukit kecil yang disebut oreum (gunung berapi kecil). Oreum merupakan surga bagi serangga khususnya kupu-kupu. Pulau ini juga merupakan rumah bagi tanaman tropis, sub-tropis, dan kutub, yang banyak terlihat di sekitar Gunung Halla.

Mengapa Jeju saya sebut sebagai pulau nirwana? Karena memang di pulau ini tersedia lengkap kebutuhan wisata Anda; mulai dari wisata laut, bawah laut, hiking, gunung berapi, meditasi, berkuda, bersepeda, paralayang, cross-country, dan lain sebagainya. 

Panduan Berlibur ke Pulau Jeju:


Sumber: www.jeju.go.kr

1 komentar: