Tuesday, March 4, 2014

Air Terjun Lembah Anai, Pesona Wisata Di Pinggir Jalan Padang-Bukit Tinggi

Menyusuri perjalanan darat dengan bermobil atau bersepeda motor dari kota Padang menuju Bukit Tinggi (Sumatera Barat) punya kesan tersendiri. Selain jalannya yang berkelok-kelok - khasnya jalan di Sumbar, anda pun dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Sekitar satu jam perjalanan dari Padang anda akan sampai di Lembah Anai. Salah satu dari pesona alami yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Adalah Air Terjun Lembah Anai, 'sepucuk' air terjun indah terdapat di pinggir jalan. Lembah Anai masuk ke dalam wilayah Nagari Singgalang Kecamatan Sapuluh Koto, sekitar 30 menit sebelum kota Padang Panjang.


Orang Minang (baca: Padang) biasa menyebutnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Meluncur dari ketinggian 37 meter air terjun ini akan mencuri pandang anda saat melintas di daerah ini karena lokasinya memang terletak di pinggir jalan. Sayang rasanya kalau tidak berhenti sejenak untuk melepas lelah sambil menikmati kopi hangat dan membuat foto di lokasi air terjun.

Sebenarnya ada 3 air terjun di lokasi ini. Selain air terjun Lembah Anai yang terletak di tepi jalan, ada 2 air terjun lainnya di dalam lebatnya Hutan Anai, sehingga sulit terlihat dan belum dikenal para wisatawan. Bagi Anda yang ingin melihat ke dua air terjun lainnya, silahkan anda minta bantuan penduduk setempat untuk menunjukkan jalannya. Tidak jauh, cukup menempuh jalan setapak sekitar 15 menit.

Dengan membayar tiket masuk ke lokasi taman, Anda dapat mendekat ke genangan Air Terjun Lembah Anai. Rasakan sejuk dan nikmatnya air disini. Disinilah terdapat bebatuan tempat anda duduk bersantai dan membuat aneka gaya foto. Dari sinilah air mengalir menjadi sungai Anai yang jernih.

Disekitar air terjun juga terdapat berbagai warung panganan yang menyajikan makanan dan minuman khas Sumatera Barat. Lahan parkirnya juga cukup luas dan aman. Bagi Anda yang ingin berkemah, silahkan Anda hubungi pengelola taman untuk dapat menikmati fasilitas camping ground.

2 komentar:

  1. Pak Eddy webnya menarik sekali. Tulisannya singkat jelas. Enak dibaca dan bikin penasaran utk mengunjungi spot wisatanya. Dari dulu penasaran pengen mengunjungi objek wisata di sumbar. Thanks info nyaaa....

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Traveller,

    Kami dari DRC Group - Rental Mobil Cirebon, penyedia jasa sewa mobil rental bagi yang ingin berwisata di kota Cirebon. Tersedia unit kendaraan New Avanza Xenia, Innova, Pajero, Fortuner, Hiace, Elf & Bus Pariwisata. Kunjungi :

    Rental Mobil Cirebon | Sewa Rental Mobil Cirebon | Rental Mobil Cirebon Murah | Rental Mobil Cirebon

    ReplyDelete