Friday, March 7, 2014

Indahnya Pantai Carocok di Pesisir Selatan Sumatera Barat


Bayak sekali objek wisata di Sumatera Barat. Yang paling terkenal tentang Provinsi ini adalah objek-objek wisata alamnya yang indah. Bicara wisata di Sumatera Barat, maka ibarat Anda masuk ke sebuah taman dengan aneka spot kunjungan, karena di daerah ini sangat lengkap - mulai dari wisata laut/pulau, alam pegunungan, budaya dan kuliner.

Salah satu yang menarik adalah Pantai Carocok; salah satu spot pinggir laut yang menawan. Pantainya yang bersih, air lautnya yang bening, riak ombaknya yang tenang membuat kita "terbuai". Sambil duduk di pasir pantai yang lembut, Anda dapat menyaksikan dua pulau kecil yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak. Di kejauhan juga terlihat Pulau Semangki. Pulau-pulau itu tidak begitu jauh dari pantai. Pada saat air laut tidak terlalu tinggi (pasang), bahkan pulau dapat dijangkau hanya beberapa menit saja. Hari libur ramai sekali kunjungan wisata ke sini. Memandang keindahan alam dari Bukit Langkisau yang tidak terlalu jauh dari pantai adalah pesona tersendiri tentang penciptaan Yang Maha Kuasa.



Objek wisata ini terletak di kota Painan, sebuah kota 'penghasil' juru masak masakan minang paling handal di dunia. Pantai Carocok berada dalam wilayah Kecamatan IV (baca: ampek) Jurai berjarak tempuh 77 km dari kota Padang. Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum dengan ongkos berkisar 15.000 sampai 25.000 rupiah sampai ke lokasi pantai.

Eit, jangan pulang dulu saat matahari akan tenggelam. Saksikan keindahan warna-warni dari semburat matahari tenggelam (sunset) di Pantai Carocok. Anda akan takjub dengan polarisasi semburat cahaya matahari yang menyinari hamparan air laut. Pernahkah membayangkan hamparan laut menjadi sebuah hamparan "bak kaca terbentang" ?. Pantai Carocok dapat menyajikannya dengan sempurna.

 
Suasana Matahari tenggelam dengan semburat cahaya mempesona - click photo to enlarge

Pada hari libur kita bisa menggunakan beberapa fasilitas rekreasi. Mau bersampan sekedar mengelilingi dua pulau kecil, atau menyewa boat untuk melintasi samudera. Kendala di pantai ini memang masalah fasilitas umum (fasum) yang belum tertata baik. Salah satunya juga apabila Anda kemalaman belum tersedia tempat penginapan. Selain itu penerangan yang minim sehingga apabila malam menjadi gelap.

Kalau masalah makanan, Anda tidak perlu khawatir. Banyak warung sederhana di sekitar pantai. Bahkan Anda dapat memesan masakan khusus ikan karang khas Painan. Nikmat sekali. Disini lidah Anda akan dimanjakan dengan cita-rasa masakan minang yang asli.

Pendek kata, jika Anda sempat berkunjung ke kota Padang di Sumatera Barat, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Carocok.

4 komentar:

  1. Wow indah sekali yah sobat pemandangannya :D
    Saya tunggu kunjungan baliknya :D hehehe

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat kalau pernah kesini...kereeeennnn

    ReplyDelete
  3. salam kenal..
    bergabunglah bersama kami bagi anda yang ingin melakukan wisata ke Pesisir Selatan sumatra barat.
    terima kasih

    ReplyDelete