Monday, December 12, 2011

Kintamani - Bali

Kintamani adalah sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Bangli. Wilayah ini terkenal dengan tiga hal, yaitu udara yang dingin, pemandangan yang indah serta anjing kintamani yang pesonanya sudah terkenal sampai ke luar negeri.

Kintamani Bali merupakan sebuah daerah yang letaknya di lereng bukit dataran tinggi sehingga mempunyai iklim yang standar antara siang serta malam hari. Hal ini menunjang pertumbuhan berbagai macam sayuran yang membutuhkan hawa dingin, namun pengembangannya masih kalah dengan budidaya sayur di Bedugul.

Di daerah ini terdapat wisata alam yang tidak ada duanya di Bali, yaitu pemandangan indah Gunung Batur yang dipadukan dengan hamparan Danau Batur di sisi timur. Perpaduan ini bisa dilihat dengan sempurna dari ketinggian daerah Penelokan, yang lokasinya berada di kaki gunung Abang dan merupakan jalur menuju pura Besakih.

Kintamani berlokasi di pegunungan. Hawanya yang dingin menambah suasana disini semakin mengasikkan. Sambil menikmati kopi bali, memandang Danau Batur dan Gunung Batur membuat Anda semakin mengagumi alam Pulau Bali. 

Dari Penelokan, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan sekaligus menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Ada berbagai macam barang kerajinan yang dijajakan oleh warga setempat, jasa pembuatan tato tidak permanen, berbagai macam kipas dari kayu serta perhiasan-perhiasan dari bahan alami.

Selain itu, di sebelah barat gunung Batur terdapat pura Ulun Danu Batur. Pura ini merupakan pura besar di Bali, yang seringkali disandingkan sebagai ibunya pura di Bali, sementara bapaknya pura itu adalah pura Besakih. Setiap hari tertentu, pura ini ramai dikunjungi. Terutama pada hari raya besar, akan ada iring-iringan bus dari pura ini menuju pura Besakih.

Eksotis Kintamani makin tersiar berkat fauna aslinya. Anjing kintamani disukai karena postur tubuhnya yang ramping, warnanya yang bersih serta sifatnya yang pemberani sehingga cocok dijadikan anjing penjaga. Banyak orang menyukai anjing ini sehingga anjing ini akan dimuliabiakan.


Kintamani berjarak dua jam perjalanan lebih dari Denpasar. Untuk mencapai daerah ini, pengunjung bisa melalui jalur Denpasar-Batubulan-Payangan-Kintamani, atau lewat Tampak Siring. Kondisi jalan menuju lokasi ini juga sudah bagus, bisa dilewati oleh berbagai macam kendaraan. Hanya saja jika ingin turun mendekati Danau batur, pengunjung tidak disarankan menggunakan bus pariwisata karena kondisi jalan yang terjal. Akomodasi juga terjamin, banyak tersedia vila ataupun resort di daerah Penelokan atau pun di tepi Danau Batur.

Sumber: http://www.tujuanbali.com/ 

0 komentar:

Post a Comment