Sabtu, 12 Januari 2019

MAU JADI YOUTUBER TAPI MALU BICARA DI DEPAN KAMERA ?

GAK SANGGUP NGOMONG DI DEPAN KAMERA ?
YA SUDAH, NGOMONG DI DEPAN CERMIN AJA DULU!!!

Banyak keluhan para newtubers ke saya perihal "belum sanggup ngomong di depan kamera". Jiah, lu youtuber cuy. Setiap hari bergelut dengan videografi. Tapi gak mau tampil di depan kamera? Pigimane?

"Iya bang, itu dia kelemahanku. Aku belum pede ngoceh2 di depan kamera. Ada solusinya gak bang???"

Ini dia 5 Tips Bikin Kalian Pede Ngomong di Depan Kamera...

  1. Open Mind, yaitu keluar dari karakter asli pribadi kalian saat ini. Carilah figur idolamu dan bayangkan jika kalian menjadi 'dia'. Perhatikan cara bicaranya, gerak badannya dan yg paling penting ciri khasnya. Kemudian selaraskan dengan postur kalian. Kombinasikan dengan pribadi kalian..
  2. Latih Di Depan Cermin, masuklah ke kamar. Kunci dari dalam. Langsunglah menghadap cermin dan ngomonglah kepada dirimu: "hai, jumpa lagi dengan si ganteng..apa kabar semuanya...bla bla bla.." dan meleburlah dengan sang cermin. Lupakan sejenak rasa malu dan ngomonglah ngaco2 juga rapopo. Yg penting kamu merasakan kebebasan. Bahkan silahkan ngakak2 sendiri kayak orang gila... *gak ada yg liat ini, cuek aja bray!*
  3. Bicara Dengan Script, buatlah naskah yang akan kalian bicarakan. Tulis dengan singkat dan baca seolah-olah kalian sedang jadi host atau pembawa acara talk show (bukan berpidato) -> selaraskan dengan poin 1 diatas!
  4. Latihan Dengan Model, jadikan bantal, guling, atau boneka di kamarmu seolah-olah sebagai orang2 yg ikut meramaikan videomu. Ajak 'mereka' ngobrol. Wawancarai tuh guling2, bantal2 dan boneka. Ketawa dan reaksional spontan terhadap kondisi ini.
  5. Latihan Dengan Kamera, ulangi dari step 1 sampai 4 dengan menggunakan kamera. Pasang kamera dengan tripod di sudut ruangan. Lalu rekam dan evaluasi mimik kalian, suara dan kelancaran kalian berbicara.
Itu dia 5 step agar kalian bisa lebih berani bicara di depan kamera. Latih terus maka kalian akan keluar dari karakter aslimu; yaitu rasa malu!

Selanjutnya akan malu-maluin..

HAHAHAHAHA.. 

0 komentar:

Posting Komentar