Minggu, 13 Januari 2019

INI DIA NAMA 13 YOUTUBER BANGSAT! NOMOR 7 ADA DI INDONESIA

APA ITU CLICK BAIT?

Para konten kreator menyebutnya pancingan klik, umpan klik, atau apalah apalah.. yang pasti bertujuan untuk menarik perhatian calon pemirsa untuk KLIK! Klik your konten. Kata lain dari clickbait bisa juga 'judul tipu-tipu'.
Oh, nipu lu?

Umpan klik (click bait) sudah lama dipakai para konten kreator baik yg bergelut di kreasi webblog atau videoblog seperti youtube.

Biasanya clickbait mereka kreasikan pada judul artikel atau judul videonya.

Contoh judul diatas adalah salah satu kata2 mengandung unsur click bait; yaitu menggabungkan kata kerja dan kata sifat dengan ornamen 'kejutan' - bangsat, misalnya. Strong poinnya di "angka 13 dan angka 7".

Jangan heran, 40% judul berita koran dan majalah pun mengandung click bait!

Misalnya, "Artis A Digarap Cukong Batubara". Padahal isi beritanya, si artis A dimodalin rekaman (diproduserin) sama cukong batubara dalam hal membuat album nyanyi)

Dalam dunia peryutuban, apakah click bait dilarang atau melanggar? Itu dia anehnya!

Sepanjang tidak mengandung unsur SARA dan makian, hujatan atau provokasi kejahatan, maka click bait sulit dideteksi robot youtube. Bahkan SEO pun sulit mengirimkan algoritma detection-nya tentang click bait.

Contoh:
"Mancing di rawa-rawa dekat sarang ular kobra, ularnya banyak ikannya banyak". Sampai videonya berakhir, ularnya kaga nongol-nongol padahal kita sebenarnya tertarik gara2 mau liat ular, bukan ikan.

Coba bayangkan, apakah mungkin algoritma youtube memprotes tentang ular tsb?
Plis check! Bagaimana cara mesin youtube menentukan judul ini melanggar. Sedangkan ini adalah judul yg mengandung click bait.

Sutralah, kata youtube... ular aja dipikirin! hahaha..

Sekarang, pentingkah click bait ?

Menurut saya tidak terlalu penting.

Tapi clickbait perlu sekali2 dilakukan untuk memancing 'shocking your audience' atau kejutan ringan untuk membuat orang penasaran dan segera meng-klik konten kalian. Karena pada dasarnya audiensi itu sangat suka dengan sensasi dan saat membaca judulmu mereka akan bertanya dalam hati, "ada apaan nih?"

Kalau begitu..

Latihlah membuat judul click bait. Artinya judul2 yang membuat heboh. Karena heboh itu 'the messenger of views' atau pembawa view.

Hanya kalian perlu hati-hati agar jangan terlalu sering membuat judul umpan. Karena jika terlalu sering dan judul itu semakin terbaca sebagai clickbait maka gak mustahil akan diabaikan pemirsa.

Yang penting:
Isi konten kalian tetap bagus dan memberi manfaat. Mau pake clickbait monggo2 aja. Sehingga setelah mengklik judul video, pemirsamu tetap merasa lega. Sambil tersenyum mereka bisa berkata, "sialan...gw kira apaan, dasar anjing tapi keren!"

Oke guys...?

Selanjutnya, mari sesama kreator untuk saling memahami dan lebih mengerti seperti apa corak-corak click bait itu agar kita gak kena 'shocking' dan saling membully... hehehe..

Semoga bermanfaat..

THE END

0 komentar:

Posting Komentar