Sabtu, 12 Januari 2019

APA SAJA KONTEN YOUTUBE RAMAH IKLAN?

Kebetulan saya sempat melihat komentar seorang pengupload video ke youtube yg memaparkan skrinsut video bermuatan tawuran dan berkata: "sayang rasanya menghapus video ini (video tawuran- red), karena viewernya sudah banyak sekali.."


Sadarlah kawan, hanya gara2 satu video maka seluruh isi channelmu dinyatakan oleh advertiser tidak ramah lingkungan dan kena flag "not recommended for Ads". Amsyong lu!!!

Saya merangkum ada 25 Jenis Channel yg bisa jadi incaran pemasang iklan. Cocokkan channel kalian ke daftar tersebut, apakah kalian termasuk diantaranya..

Untuk memberi gambaran kepada kalian, maka dibawa keterangan jenis channel tsb akan saya cantumkan bagaimana cara channel itu menghasilkan uang (make money for you, guys..).

Cuma memang harus disadari guys, sehebat apapun kita belajar, kalau tidak dipraktekkan dan melakukan koreksi atas pekerjaan kita agar lebih baik, bisa jadi semua akan percuma.. maka do something after this..

Let's go..

Ini bukan daftar channel terbaik atau pasti memiliki subscriber atau pengiklan terbanyak...  bukan guys, ini cuma nomor urut dari catatan kecil saya aja, bukan nomor ranking.

  1. Nomor satu ditempati oleh niche atau genre Beauty Make Up Tutorial. Jeng..jeng, ternyata pengiklan selalu melirik channel2 yg menggarap ini. Tapi anehnya Make Up Tutorial (MUT) gak bisa diharapkan menghasilkan adsense terlalu banyak. Duit yg dihasilkan kreator mereka peroleh dari Sponsor Endorser, AgenPenjualan (marketing)
  2. Gaming -  Menghasilkan uang dari Sponsorship dan AdSense
  3. Kuliner & Food Review - Menghasilkan uang dari AdSense, Marketing dan Merchandise, perut kenyang hati senang.. horeeee... 
  4. Unboxing Product - Menghasilkan uang dari Sponsorship dan Menjual Produk. Ada beberapa youtuber yang menyisihkan uang sekedar membeli barang untuk di-unboxing, lalu direview. Padahal setelah itu barang tsb dia jual lagi melalui marketplace (bukalapak, olx, tokopedia dll).
  5. Review Product - sama dengan unboxing, dalam hal menjalin sponsorship maka kalian bisa meminjam produk terbaru dari sponsor untuk direview: gadget, kamera, drone, hp, dll setelah itu kalian jual deh..
  6. Travel Vlog: nemenin orang jalan-jalan - cari duitnya bisa lewat Sponsorship, AdSense dan Marketing (agen perjalanan dan car rental/organizer) - saya sering diminta untuk nemenin orang jalan2, dan disela-sela itu saya membuat vlog.
  7. Fashion - gambar design, demo hijab, pakaian atau asesoris dll - biasanya mereka dapat uang dari Sponsorship dan Penjualan
  8. Komentator Olahraga - liga bola, basket atau balap F1/Moto-GP - Menghasilkan uang dari AdSense dan merchandise
  9. Digital Marketing - mengajarkan orang lain tehnik2 menjual lewat sosmed, e-book, webblog - mereka mendapat uang dari Marketing dan Konsultan/Trainor, dari AdSense cuma sedikit..
  10. Memelihara Hewan, seperti kucing, burung, ular dll - cari penghasilannya lewat AdSense
  11. Humor: lawakan, parodi - Menghasilkan uang dari AdSense, Sponsorship dan Menjual Merchandise (koleksi boneka lucu)
  12. Fotografi - Pre Wedding dll - Menghasilkan uang dari AdSense, Sponsor, Kerjasama dengan EO.
  13. Movie & Entertainment - sama dengan fotografi
  14. Tutorial dan How To - kebanyakan hasilnya dari AdSense
  15. Kesehatan; nutrisi dan treatment (pijat) - Sponsorship, Konsultan, Terapis, menjual herbal/obat2an
  16. Music: cover lagu, belajar musik, belajar alat musik - Menghasilkan uang dari Sponsorship, AdSense, Manggung di acara2 tertentu..
  17. Software dan Aplikasi, Menghasilkan uang dari AdSense dan Sponsorship
  18. Misteri: Ghost Hunter, uji nyali - AdSense
  19. Daily Vlog: sendiri atau couple style - Menghasilkan uang dari AdSense, Endors/Sponsorhip dan Merchandise jualan asesoris atau apparel (baju/t-shirt)
  20. Yoga - AdSense dan Instruktur
  21. Training & Education - Sponsorship
  22. DIY - AdSense dan Online Shop
  23. Tips & Tricks - AdSense
  24. Memancing - Sponsorship, Merchandise, adSense
  25. Gosip Selebritis - AdSense
Nah, itu dia 25 Channel yang menurut saya sering dilirik pengiklan.

Namun demikian coba perhatikan satu per satu bahwa AdSense bukanlah segalanya. Kalian masih bisa dapat duit dari luar adsense.

So, jangan kecil hati channel kalian belum dimonetisasi. Karena uang dari non adsense punya peluang lebih menggiurkan..

Kayak saya, kemana-mana sambil nge-vlog disponsori oleh orang lain.. hehehe

"Bang, dari 25 kategori itu channel-ku ada yg termasuk tuh, tapi kok pemasang iklan belum napsu untuk masang iklannya di channel-ku ya?"

Yaaa... sabar aja.. bila saatnya tiba kalian pasti berhasil. Selain itu...,, perbaiki juga mutu tayanganmu cuy!!! Baik dari sisi videografi, skenario, sound manager, dan..... (isilah titik2 dengan benar)

Ok teman2, bukan bermaksud menggurui. Tapi mari kita saling berbagi ilmu supaya ada bahan untuk didiskusikan.

Thanks for reading..
Semoga bermanfaat..

NOTE:
Nantikan tulisan saya tentang cara2 menjalin sponsor... hmmm..enaknya ditulis apa divideokan aja ya???

0 komentar:

Posting Komentar