Senin, 14 Januari 2019

5 TIPS NGE-VLOG BAGI PEMULA

Tatacara Membuat Vlog Langsung Action!

Sebenarnya apa sih Vlog itu ?

Masih banyak youtuber pemula yang bingung dengan pengertian vlog. Mereka menganggap bahwa vlog adalah kegiatan seseorang yg melakukan selfie video lalu ngomong2 tentang sesuatu, dan menguploadnya ke YouTube.

Pandangan seperti itu benar juga! Gak salah..

Tapi menurut Wikipedia, Blog video (bahasa Inggris: video-Blogging, atau bisa disingkat "vlog" atau vlogging (diucapkan "vlogging", bukan "v-logging"), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon.

Merujuk kepada akun YouTube yg kalian miliki, maka apa pun konten yang kalian kelola, maka disebut vlog. Video blog!

Sesuai dengan kaidahnya, blog adalah akun batangan. Memanjang tanpa hirarki. Maksudnya, sesuatu yg diliput atau disajikan dalam blog disusun secara garis lurus seperti log (batang kayu) tanpa ranting; yaitu hanya mengandung satu tema.

Misalnya secara khusus hanya membahas tutorial, travel, ulasan musik, kuliner, game, aktivitas harian (daily), prank, DIY, dll.

Vlog/blog bukan #portal yang biasa mengandung konten gado-gado atau topik aneka macam.
Jadi..

Mulai sekarang coba check konten kalian; apakah masih membahas konten gado-gado? Kalau 'masih', silahkan luruskan sesuai kaidah blog.

Berkaitan dengan vlog, dibawah ini ada 5 Tips yang bisa kalian renungkan:
  1. Gali dan manfaatkan kepribadian kalian sebaik-baiknya untuk mendapatkan ide untuk membuat vlog.
  2. Latih kemampuan dan keterampilanmu dalam hal videografi. Kalian perlu mencoba sudut pengambilan gambar dengan bidikan2 unik biar gak membosankan penonton. Dan tak kalah penting adalah gesture, atau bahasa tubuh misalnya gerakan tangan, dan ekspresi wajah.
  3. Tontonlah vloggers lain dan pelajari darinya tehnik2 vlogging yang baik. Saya suka mempelajarinya dari vlogger terkenal sekelas Casey Neistat.
  4. Buatlah konten yang kalian minati. Untuk mudahnya maka pilihlah topik yg sesuai dengan hobby atau kegiatan rutin yg menurut kalian bagus jika diketahui orang banyak. Yang penting bermanfaat atau bisa menghibur..
  5. Kuasailah seni bercerita. Karena pada dasarnya vlogger 'harus pintar bicara'. Kalian harus terus melatihnya di depan kamera. Apabila sangat sulit, maka kalian bisa menggunakan naskah untuk dibaca.

Tips ini mungkin belum mencakup semua jurus untuk membuat kalian jago nge-vlog. Tapi paling tidak bisa dijadikan referensi.

Mentemen boleh memberi tambahan dengan tips lainnya di kolom komentar agar kita menjadi vlogger andal!

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar