Senin, 21 Januari 2019

APAKAH BERBAHAYA MENGHAPUS VIDEO YANG SUDAH DI-UPLOAD ?

Adakalanya kita merasa ingin menghapus (delet) video yang sudah kita upload ke youtube.

Berbagai alasan bisa saja karena:

  1. Channel berkonten gado2 dan sekarang sudah menemukan niche yg tepat lalu ingin membuat konten yg spesifik (satu tema);
  2. Video mendapat 'teguran youtube' karena ada unsur copyright;
  3. Merasa bahwa video tidak bermanfaat dan 'miskin' views;
  4. Alasan lain yg antah berantah..
BERBAHAYAKAH JIKA VIDEO-VIDEO TSB SAYA DELETE SAJA?

Jawabnya:
TIDAK BERBAHAYA!!!!

Bahkan youtube tidak menganjurkan agar video yang sudah di-upload kalian delete (hapus) meskipun video tsb mengandung hak cipta orang lain (copyright).

Lantas, jika akhirnya video tsb dihapus, apa risikonya bagi saya ?

YANG JELAS KALIAN AKAN KEHILANGAN VIEWS DAN AKAN MENGHAPUS ALGORITMA YOUTUBE ATAS VIDEO TSB. SEDANGKAN KLAIM HAK CIPTA TETAP SAJA TEREKAM PADA HISTORI CHANNEL DI SERVER.

Pertanyaan 1:
"Bang, saya gak ada pilihan lain untuk tidak menghapusnya, soalnya saya gak ngerti apakah ada cara lain agar video tsb tetap tersimpan di server youtube ?"

Ada!

Caranya adalah merubah setting video tsb dari public mode menjadi private mode!

Dengan diubahnya video tsb menjadi private mode maka youtube akan menghentikan algoritma timelining video kalian menjadi 'mati'. Artinya tidak bisa ditonton oleh umum (public). Disebut 'mati' berarti view-nya stop!

Pertanyaan 2:
"Saya sudah menemukan niche yg tepat untuk channel saya dan selama ini channel saya mengandung konten/video gado2. Apakah video2 lama itu saya hapus saja, atau ganti channel...?"

Kalian mau ganti channel ya silahkan. Tapi ingat, views kalian akan start from zero lagi..

Agar view dari video yg lama tetap diperhitungkan, maka gak usah ganti channel, dan video lama gak usah dihapus.

Saran saya:

  1. Semua video lama (video gado-gado) kalian kumpulkan di dalam satu folder atau playlist (pelajari cara membuat playlist) dan beri nama playlist-nya, misalnya OLD VIDEO, atau apalah...
  2. Semua video yg terangkum di dalam playlist tetap di dalam mode public agar masih bisa ditonton para pelanggan. Dengan demikian lumayan bisa untuk tambah2 view...
  3. Karena video lama sudah terkumpul dalam satu playlist (folder) saatnya kalian upload video yg baru (sesuai niche).
  4. Jika kalian ingin mengganti nama channel, maka momen ini pun saat yg tepat untuk melakukan edit. Silahkan masuk ke menu pengaturan akun. Ubah nama channel sesuai keinginan...
Demikian kira-kira...

Semoga bermanfaat..

THE END

0 komentar:

Posting Komentar