Minggu, 13 Januari 2019

GETTING SPONSORSHIP FOR MY YOUTUBE CHANNEL

Edisi Cara Cari Sponsor Youtube:
SUATU PAGI DI LOBBY HOTEL, SEHABIS BREAKFAST DAPAT SPONSOR MAKAN SIANG GRATIS. SEMUA GARA2 YOUTUBE!

Maaf sobat Bang'ed, terinspirasi judul sinetron di tv maka judul artikel ini pun saya bikin begitu. Keren gak? Hahaha.. norak sih iya!!!

Jadi gini mentemen...

Suatu waktu saya sedang berdinas urusan kantor ke luar kota. Sehabis breakfast di hotel saya pun larik-lirik di lobby. Dengan jeli dan sok serius saya perhatikan satu per satu ornamen2 keindahan ukir2an di tiang2 lobby.

Menakjubkan design interiornya, pikir saya..

Rupanya gerak-gerik saya yg kayak mafia jengkol ini diperhatikan oleh seorang berdasi di ujung ruangan sana...

Tak berapa lama dan tiba2 orang itu sudah ada disamping saya seraya menyapa, "Selamat pagi bapak..."

"Oh, selamat pagi..." jawab saya sambil tersenyum. "Hebat sekali design interior lobby hotel klen ini ya.. mantap kutengok" lanjut saya kepadanya.
"Terima kasih bapak.." balasnya ramah. "Design interior ini dikerjakan seorang arsitek seni dari rusia pak. Namanya Serginov Manusiop Pu Nyaw Harapanov Hidovki."
"Waw, hebat sekali sodara bisa hafal nama orang sepanjang itu.. pasti karena kepinterannya ya?" Dia menggangguk. Lalu "oiya..anda siapa ya?" Saya bertanya.
"Nama saya Rustam, bapak.. Rustam Sangaji! Saya general manager di hotel ini.." jawabnya.

Anjrit, dalam ati saya. Masih muda sekali sudah jadi GM di hotel seindah ini. Pasti gajinya "wah" nih pikir saya. Gak seberapa jika dibandingkan gaji saya kali ya.. buktinya saya aja udah se-tua ini masih cari2 tambahan sebagai youtuber.. (soundfx :on kwak kwak kwakkk... )

"Ooohhh, kamu GMnya tong?" Kata saya, dan kami berdua pun tertawa akravinov (bahasa rusia dari akrab - red). "Kalau gitu salaman kita bang, nama saya Eddy De Marchinov Horason Batakisov."
Si GM ini pun makin tertawa ngakak dan berkata "nama bapak eddy begitu mantap!" Sambil dia ngasih jempol kayak ikon 'like' di youtube..

Setelah bincang ini bincang itu sejenak..
"Ok pak, kebetulan saya lagi senggang, bagaimana kalau kita ngobrol2 di kantor saya sambil ngopi..." lanjutnya menawarkan sesuatu yg sebenarnya:
EMANG MAU KESITU TARGET GW, TONG. GW CUMA LAGI CARI PERHATIAN LO DOANG. GW MAU GETTING RELATION AND SPONSOR SAMA ELU!

Hehehe...

"Gimana pak, apa bapak Eddy setuju?" Dia menyadarkan saya dari lamunan. "OHHHHH, YES YES YES.." Jawab saya.. "Mari kita kemon...." kami pun melangkah sambil cakap2 dan ketawa2 menuju ruangan pak GM.

---'---'---'---'---
Setelah di ruangan GM, kami duduk di space tamu. Saya mengambil posisi di sofa yg empuk. Pak GM duduk santai di sebelah saya. Dia membuka pembicaraan, "mau minum apa pak eddy?" Saya jawab, "apa aja, kopi bolehlah.."

Suasana makin mencair dan kami pun santai bicara ini dan bicara itu...sampai akhirnya:
"Jadi apa nih yg bisa saya bantu buat pak eddy?" Katanya ke saya. Saya tersenyum dan menjawabnya..

"Sebenarnya saya yg pengen membantu bapak GM. Saya ada keinginan membuat testimoni quality service di hotel ini. Kebetulan masih ada waktu semalam lagi saya menginap disini. Jadi saya mau minta izin membuat video di beberapa sudut seperti di lobby resepsionis, suasana lift, resto, garden, swimming pool, dan beberapa view exterior..."

"Sebentar..sebentar pak, sebenarnya bapak ini bekerja dimana?" Pak GM memotong pembicaraan saya..
"Saya ini seorang youtuber, bung!" Jawab saya
"Oh my goodness.. artinya hasil rekaman video itu nanti akan bapak upload ke youtube?"
"Iya betul...." jawab saya agak khawatir, jangan2 beliau gak mengijinkan saya shooting di hotelnya. Amsyong deh gw..

"Wah, mantap pak!" Waduh, dia exited coy! "Kapan bapak bisa mulai. Nanti saya minta salah seorang staf menemani..." wih, keren!

"Kalau diijinkan mulai hari ini saya akan ambil spot-spot gambar di beberapa tempat.."
"Siap, pak! Saya approve.. dan saya komit menggratiskan 1 malam tersisa untuk bapak menginap disini, free restoran dan all facilities. Pls enjoy.." katanya ke saya. Wow, mantap nih pikir saya..

Maka mulai siang itu saya pun hunting spot-spot cantik di hotel tsb. Malamnya segera saya edit untuk saya tunjukkan ke Mr. GM besok paginya...

Dia sangat terkagum-kagum dengan hasil editan saya. Bahkan dia bilang, "saya akan rekomendasikan kepada teman2 saya di kota lain...bla bla bla bla...." dia terus meninspirasi saya untuk getting another free of project seperti ini di kota lain..

Saya udah bisa bayangkan bahwa saya akan banyak berjalan ke tempat2 lain secara gratis, sementara adsense dari video testimoni ini akan mengalir bayarannya dari youtube kepada saya. Not for you, Mr. GM!!!

Begitulah cara saya melakukan:
GETTING SPONSORSHIP FOR MY CHANNEL
Kalian mau coba?

THE END

0 komentar:

Posting Komentar