Thursday, May 28, 2015

Review Film: The Age of Adaline (2015)

Suatu ketika usia Anda berhenti dari penuaan. Anda tidak akan pernah tua selama 107 tahun. Fisik Anda akan selamanya berada pada saat berusia 22 tahun. Anda menginginkannya seperti itu...?

Adaline Marie Bowman lahir pada tanggal 1 Januari 1908 di RS Anak di San Francisco. Dia adalah anak semata wayang Faye dan Milton Bowman. Pada 16 Juni 1929 saat Adaline Bowman dan ibunya berada di pinggir sungai menyaksikan bentangan Jembatan Golden Gate yang akan selesai dibangun dalam 3 tahun lagi, muncullah seorang insinyur muda yang membuat Adaline kagum. 87 hari kemudian Adaline menikah dengan sang insinyur Clerence James Prescott di Katedral Old St. Mary San Francisco. 3 tahun setelah pernikahan itu, Adaline melahirkan seorang anak perempuan yang sehat. Mereka memberi nama anaknya Flemming, nama yang serupa dengan sang nenek Adaline.

Pada 17 Pebruari 1937, 8 orang pekerja dan 2 orang insinyur tewas saat sebuah rangka jembatan jatuh dan menimpa jaring pengaman ketika membangun Jembatan Golden Gate. Diantara korban tewas adalah suami Adaline. 10 bulan sejak kematian suaminya, Adaline berkendara hendak menuju penginapan pantai milik orangtuanya. Disana Flemming yang berusia lima tahun sudah menantinya. Tapi sesuatu yang aneh terjadi. Sesuatu yang ajaib. Salju turun di wilayah Sonoma California. Karena jalanan licin, kendaraan Adaline terselip dan jatuh ke air yang dingin dan hampir beku. Menyebabkan tubuh Adaline mengalami hipoksia (kebekuan) dan menyebabkan jantungnya berhenti berdetak. Dalam dua menit suhu tubuh Adaline Bowman turun hingga 30 derajat celcius. Pada pukul 20:55 sebuah kilat petir menyambar mobilnya yang hampir tenggelam. Kilat tersebut bermuatan 500 juta volt listrik dan menghasilkan 60.000 ampere arus listrik.

Muatan sengatan kilatan petir tersebut menghidupkan kembali jantung Adaline. Ajaib! Adaline Bowman dapat keluar dari kebekuannya dan bisa membuatnya bernafas kembali setelah dua menit. Berdasarkan prinsip Von Lehman mengenai elektron di DNA yang akan ditemukan pada tahun 2035, tubuh Adaline Bowman untuk seterusnya kebal dari kerusakan akibat perkembangan jaman. Dia tidak akan pernah tua...

The Age of Adaline berkisah tentang Adaline Bowman (Blake Lively). Tubuhnya tidak pernah tua hingga abad ke 20. Akankah Adaline menikmati kondisinya ? No, I don't! kata Adaline kepada anaknya Flemming yang saat ini sudah terlihat lebih tua dari ibunya sendiri. Bahkan, ibu dan anak ini pun menetapkan komitmen bahwa Adaline adalah cucu Flemming saat ada orang bertanya tentang siapa mereka.

Dalam perjalanan hidupnya Adaline selalu menyembunyikan tentang jati dirinya. Itulah sebabnya dia selalu berpindah kota agar tidak terlalu dikenal orang. Hingga suatu ketika Adaline tidak bisa menolak pernyataan cinta Ellis (Michiel Huisman), seorang pemuda yang selalu mengejarnya. Mereka terlibat asmara. Meskipun Adaline sadar bahwa usia mereka sangat jauh berbeda. Hanya secara fisik Ellis melihat Adaline masih segar dan muda. Dimata Ellis, Adaline adalah wanita idamannya. Selain cantik, Adaline pun sangat pintar; khususnya pengetahuan tentang hal-hal lampau.

Saya sudah bercerita tentang kamu kepada orangtuaku, dan mereka mengundangmu ke acara 40 tahun pernikahan mereka, kata Ellis. Dengan undangan itu membuat Adaline sedikit ragu untuk hadir. Tapi karena keseriusan Ellis mengajaknya maka Adaline pun bersedia hadir. Berkendara mobil mereka berdua menuju kota dimana orangtua Ellis menetap.

Sungguh terkejut bukan kepalang. Saat bertemu William (Harrison Ford) ayah Ellis, Adaline terlihat gugup. Begitu pula William. "Kau adalah Adaline Bowman!" kata William dengan kagetnya. Adaline mengelak. Dia hanya mengaku bahwa Adaline Bowman adalah ibunya.

Siapakah William ?. Mengapa dia begitu menyelidik tentang Adaline ?. Apa hubungan William dan Adaline Bowman ?.

Film ini sangat menakjubkan untuk ditonton. Kehandalan Harrison Ford dalam berakting tidak perlu diragukan lagi. Sutradara dan penulis skenario begitu mulusnya mengalirkan cerita. Haru biru cinta masa lalu akan Anda rasakan ketika akhirnya Adeline mengakui jati dirinya kepada William. Lalu bagaimanakah kelanjutan hubungan asmara Adaline dengan Ellis, akankah berlanjut ?. Tonton aja dehhh.... :)


Detail Film The Age of Adaline, tonton disini
  • Genre : Drama, Romance
  • Sutradara : Lee Toland Krieger
  • Produser : Gary Lucchesi, Tom Rosenberg, Sidney Kimmel
  • Produksi: Entertainment One
  • Penulis Naskah: J. Mills Goodloe, Salvador Paskowitz, Allison Burnet
  • Durasi: 125 menit
  • April 2015
  • Pemain: Blake Lively Harrison Ford, Ellen Burstyn, Michiel Huisman, Kathy Baker, Amanda Crew dan Peter J. Grey
Penulis: Eddy Pasaribu

0 komentar:

Post a Comment