Friday, January 13, 2012

Tips Membangun Blog Pribadi, Agar Anda Populer!

Blogs, atau web logs, adalah salah satu komunikasi massa yang semakin berkembang. Blog dapat memproduksi ribuan artikel dalam sehari dibandingkan Koran dan majalah. Itulah sebabnya blog menjadi saingan terberat media berita tradisional saat ini. Bahkan dengan blog semua berita yang sejenis dapat terangkum di dalam satu ‘dunia’ melalui komunitas blogger. Dalam kondisi tertentu blog juga mulai digunakan sebagai sarana kampanye yang efektif oleh kalangan politisi untuk menarik perhatian masyarakat akan propagandanya. Karena blog yang menarik dapat saja dikunjungi ribuan pembaca dalam sehari. Apalagi semua blog menyediakan ruang komunikasi interaktif sehingga konten yang tersaji dapat segera ditanggapi oleh pembaca. Inilah bedanya dengan Koran atau majalah!.

Bagaimana Menulis Blog agar Terkenal ?

Pilihlah Type Blog yang ingin anda bangun.
Memilih type blog sama saja seperti anda memilih pakaian atau sepatu yang akan anda pakai. Tentunya harus sesuai dengan karakter pribadi anda dan tujuan kegunaannya. Sebagai contoh: apabila blog yang ingin anda bangun hanya sekedar memperkenalkan diri anda, maka anda harus bisa menyajikannya dengan lugas dan sederhana, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengenal anda, dan tertarik dengan cerita atau pengalaman pribadi anda.


Tentukan berapa sering anda akan melakukan posting.
Banyak blog yang dibangun tapi akhirnya ‘mati’. Saran terbaik adalah bahwa anda mampu melakukan posting – paling tidak – sekali dalam sehari. Itu sudah terbilang baik!. Namun, melakukan posting materi singkat (seperti puisi, foto, ulasan singkat) tiga kali setiap hari lebih baik dibandingkan memposting artikel panjang setiap tiga hari sekali.

Lakukan beberapa posting sekaligus terlebih dahulu sebelum anda memberi tahu orang lain tentang blog anda.
Saran terbaik untuk ini adalah membuat tulisan beberapa materi terlebih dahulu dan kemudian simpan di dalam DRAFT. Adakalanya beberapa tulisan yang anda buat perlu direvisi, atau ditulis ulang, maka dengan ditampungnya terlebih dahulu tulisan anda di dalam Draft, akan membuat anda lebih leluasa untuk melakukan koreksi. Anda harus pahami, bahwa membuat tulisan yang baik tidak selalu dapat dihasilkan dalam satu malam. Minimal ada lima artikel yang sudah anda buat dan yakini ‘selesai’, barulah anda menekan tombol “publish”.

Beritahu kepada teman terdekat lalu minta mereka memberitahukan kepada temannya.
Respon terbaik dari teman terdekat sangat penting untuk menilai blog anda. Anda akan mendapat komentar yang terbuka dari mereka; apakah konten blog anda membuat mereka tertarik atau tidak. Apabila mereka terkesan maka minta agar mereka menulis komentar di kolom yang anda sediakan, lalu mereferensikannya kepada orang lain. Ingat, bahwa blog yang anda buat mencerminkan pribadi anda. Maka baik atau buruk yang anda sajikan di dalam blog akan direspon oleh pengunjung anda.

Kunjungi Blog orang lain yang sesuai dengan materi anda.
Baca dan simak tulisan orang lain di blog-nya. Beri mereka komentar setelah anda membacanya. Komentar yang baik adalah komentar sopan dan tidak menghujat. Dengan meninggalkan komentar, maka orang tersebut akan tahu bahwa anda telah berkunjung ke blog-nya karena link situs anda biasanya akan tercantum pada komentar, kecuali anda mencantumkan link orang lain bukan milik anda. Tidak perlu anda memintanya melakukan kunjungan balik, karena secara naluri mereka pun akan mengunjungi anda.

Ikut dalam jaringan blogger – anda akan memiliki teman online.
Ini adalah jalan terbaik agar anda mendapatkan pengunjung tetap. Selain itu, anda pun akan memperoleh ide-ide menarik dari grup online anda. Salah satu saran agar blog anda semakin dikenal, maka lakukan saling menukar link (link exchange) dengan beberapa blogger.

TIPS
  • Ada berbagai jenis blog, tetapi umumnya terdiri dari tiga kategori: pribadi / jurnal, kolaboratif (lebih dari satu penulis), dan topikal (berdasarkan subjek tertentu). Ada juga photoblogs dan link blog kompilasi. Blog yang sukses adalah blog yang menarik dan sesuai dengan kategori itu. Misalnya, apakah ada beberapa aspek kehidupan Anda yang bisa anda bagi dengan pembaca?, atau apakah Anda seorang ahli dalam beberapa bidang pengetahuan? Atau mungkin juga Anda terobsesi dengan peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan saat ini dan Anda menyampaikan pendapat?. Temukan gairah Anda dan alasan Anda untuk memulai blog. Sekali lagi kuncinya adalah: sajikan artikel Anda dengan wajar seolah-olah sajian itu untuk Anda, orang lain tidak akan bersedia untuk membaca jika mereka merasa Anda mencoba terlalu keras untuk menjadi populer.
  • Kadang-kadang membangun sebuah blog pribadi agak lebih riskan. Biasanya artikel atau tulisan yang kita buat di dalam blog pribadi memiliki materi yang bebas; sebebas kita menulis ditembok. Tapi anda harus menyadari bahwa tulisan Anda bisa saja menyinggung perasaan orang lain, atau organisasi tertentu. Bahkan jika Anda seorang penulis brilian dan sangat lucu, Anda harus ingat bahwa orang yang mengenal Anda dalam kehidupan nyata dapat mengakses jurnal Anda. Beberapa blogger telah menemukan banyak pertengkaran yang dimulai karena informasi yang diterbitkan dalam blog pribadi. Agar hal ini tidak terjadi, maka gunakan inisial apabila Anda harus mencantumkan nama seseorang, periksa kembali tulisan Anda apakah materinya dapat menyebabkan pertengkaran, dan terakhir ingat bahwa blog adalah tentang diri Anda, bukan tentang gossip yang ada pada tulisan anda!.
  • Setelah membangun sebuah blog, maka paling penting Anda pun harus belajar tentang bahasa website. HTML adalah bahasanya!. Bahasa ini lebih mudah Anda pelajari daripada bahasa asing yang diberikan di perguruan tinggi. Blogger.com dapat membantu mengajarkan semua kode HTML yang Anda butuhkan untuk memanipulasi situs Anda. Jangan pernah menyerah adalah salah satu kunci sukses belajar HTML. Seseorang yang menguasai HTML dapat dengan leluasa menampilkan situsnya sesuai keinginan.
  • Bolehkah Anda mencantumkan nama samaran pada blog pribadi Anda?. Jawabnya bisa saja!. Ini adalah salah satu aspek terbaik dari blogging. Tidak ada yang tahu siapa Anda! Jika Anda suka, Anda bahkan dapat menciptakan kepribadian blog yang akan digunakan. Meskipun demikian, Anda harus selalu menampilkan kata-kata baik dan sopan sehingga semua orang tidak merasa dirugikan saat online mengunjungi blog Anda.
Apakah Anda punya tips dan saran lain, silahkan cantumkan pada komentar tulisan ini!.

18 komentar:

  1. trima kasih atas info nya . . , sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sgt bermanfaat infonya

    ReplyDelete
  3. Hampir tidak ada yang tidak bisa dilakukan di masa ini, masa dimana internet adalah sebuah sarana untuk mengekspresikan sesuatu. Blog muncul dan mengakomodasikan semua kebutuhan netizen. Kita bisa sepuasnya menulis apa yang kita inginkan, sepanjang masih dalam koridor etika yang baik.

    Tips-tips yang ada di sini bagus, saya sendiri baru mulai nulis blog, dan tips ini sangat membantu. Dan blogwalking ternyata banyak manfaatnya.

    Nice article :-)

    ReplyDelete
  4. Nice artikel
    Visit juga ke blog saya
    Tryanperdana.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Terimakasih informasinya sangat berguna

    ReplyDelete
  6. Terimakasih informasinya sangat berguna

    ReplyDelete
  7. Artikel tipsnya ringan dan mudah dipahami oleh teman2 blogger. Salam kenal n happy blogging!

    ReplyDelete
  8. Makasih atas tipsnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Hanya dengan 1 User ID Anda sudah bisa memainkan 6 jenis permainan kartu populer. Segera bergabung bersama kami di www.benderapoker.com dan menangkan jackpot puluhan juta rupiah : )

    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di :
    BBM : D1FB4EC6
    tel/ WA : +855962071913

    ReplyDelete