Saturday, January 14, 2012

Mengamati Cuaca dengan Metar Weather V.1.68


Banyak aktivitas kita yang bergantung dengan cuaca. Petani dan pelaut menggunakan langit menentukan cuaca. Langit berawan pertanda akan turun hujan. Langit gelap di laut pertanda akan ada badai. Begitulah awalnya, secara sederhana manusia di bumi menentukan prakiraan cuaca. Dengan memantau cuaca maka kita dapat menentukan arah tujuan, melakukan sesuatu atau tidak, dan lain sebagainya. 

Informasi prakiraan cuaca tidak lagi menjadi santapan sebagian kecil pelaku usaha di dunia (seperti pilot, nakhoda, nelayan, dll), tetapi dengan maraknya 'ancaman' gempabumi yang mengakibatkan tsunami, atau perubahan iklim yang mengakibatkan adanya badai, maka informasi tentang cuaca pun sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara luas. Dengan adanya informasi cuaca, berbagai aktivitas diharapkan dapat berlangsung dengan aman tanpa kendala, karena dampak dari cuaca dapat diantisipasi sebelumnya.

Setiap negara sudah pasti memiliki lembaga yang mengabarkan prakiraan cuaca, seperti halnya di Indonesia dilakukan oleh BMKG. Tidak saja mengabarkan tentang prakiraan hujan, tapi dengan teknologi modern sudah dapat pula memberikan kabar prakiraan gempa, tsunami dan badai yang mungkin akan melanda.

Teknologi komunikasi semakin canggih. Kita pun dapat mengabarkan prakiraan cuaca. Termasuk kondisi cuaca beberapa bandara di dunia. Banyak software yang mampu men-decode laporan dapat anda temukan di dunia internet untuk anda gunakan memantau cuaca. Ada yang bisa mengeluarkan laporan berupa file teks dan menampilkannya dalam tabel sederhana, atapun berupa image dan kurva. Salah satu dari sekian banyak software itu adalah MetarWeather v.1.68

MetarWeather adalah software komunikasi prakiraan cuaca berstandar internasional yang dapat diandalkan menampilkan informasi penting meliputi kondisi temperatur, dewpoint, tekanan barometrik, arah angin, jarak pandang, awan, hujan, badai, salju, dan lain-lain.  Laporan cuaca yang ditampilkan dapat disimpan dalam file teks, HTML, ataupun XML.

Nah, bagi anda yang ingin membantu sesama dengan laporan cuaca, anda bisa coba MetarWeather Software ini dapat dijalankan tanpa perlu melakukan instalasi apa pun, karena berupa standalone executable.

MetarWeather bisa anda download DISINI.
 

1 komentar:

  1. weeew keren bro softwarenya kunjungan baliknya yo www,naufalthedarkness.blogspot.com

    ReplyDelete