Friday, January 13, 2012

Menampilkan Slide Presentasi PowerPoint di Situs Anda

Mungkin blog anda sudah bisa menampilkan foto, tulisan artikel dan bahkan video. Beberapa blog juga sudah dapat menampilkan diskusi interaktif sesama blogger, dan sampai tahun 2011 terdapat 156 juta blog yang saling terkoneksi lewat forum website seperti WordPress dan Blogger. Sekarang, pada masing-masing platform itu, selain dapat menampilkan video dan slide show, juga sudah bisa menayangkan presentasi PowerPoint sepanjang Anda mengetahui cara menampilkannya pada website Anda.

Bagaimana menampilkan PowerPoint di blog Anda?. Silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Buka Microsoft PowerPoint. Buat presentasi yang ingin anda tampilkan pada blog. Save file pada "My Desktop" atau "My Documents."
  2. Buka browser internet untuk 'open account' pada Scribd.com. lakukan "Sign Up" dan klik tombolnya pada sudut kanan atas. Anda harus memiliki email, menentukan username dan password. Ikuti petunjuknya!.
  3. Scribd member keleluasaan kepada Anda untuk mencari teman dan menempatkan atau mempublikasikan dokumen secara online. Salah satu dokumen yang dapat dipublikasikan melalui Scribd adalah dokumen presentasi menggunakan PowerPoint. Anda pun dapat melakukan ‘sign up’ melalui Facebook.
  4. Lakukan Login pada akun Scribd. Klik tombol "Upload" dan pilih “upload a single file”.
  5. Cari file PowerPoint presentation yang sudah Anda buat. Klik "Upload" untuk melakukan penyimpanan pada akun Scribd Anda.
  6. Ketik alamat email Anda, jika screen menampilkan kata "Wait! Your document isn't published yet." Alamat email digunakan sebagai media legalitas dokumen yang anda upload. Selanjutnya klik "Send" untuk mempublikasi dokumen Anda.
  7. Jika diperlukan, beri deskripsi dari dokumen PowerPoint Anda pada bagian bawah halaman publikasi. Sebenarnya ini tidak diharuskan, namun anda bisa membuat tag dan kategori apabila Anda ingin men-share dokumen Anda di Scribd.
  8. Klik "Save Changes" dan selanjutnya anda akan menemukan halaman "Share your documents". Lihat ada "Embed Code" dibagian bawah halaman. Silahkan anda copy ‘code’ dengan menekan tombol "Copy".
    Ada 2 elemen pada code ini. Pertama adalah "Object" yang digunakan untuk halaman web yang independen, bagaimana Anda melakukan posting presentasi. Kedua adalah "Embed" yang menjelaskan bagaimana presentasi tersebut di-embed pada program lain, seperti Blogger.
  9. Buka tab baru pada Internet browser. Sign in pada akun Blogger Anda.
  10. Buat posting baru pada situs Blogger. Beri nama pada posting PowerPoint Anda.
  11. Letakkan kursor pada halaman posting dan ‘paste’ kode Scribd. Jika anda menggunaka komputer Apple, tekan tombol "Command" dan "V" untuk melakukan paste kodenya. Bagi Anda yang menggunakan PC, tekan "Control" dan "V" untuk melakukan paste.
  12. Perhatikan ada 2 bagian pada code. Hapus (delet) bagian objek yang menampilkan kode: "<" and ">" dibagian kata "object."
    Sekarang Anda hanya memiliki elemen "Embed". Ini harus dimulai dan diakhiri dengan tanda kurung sudut sekitar kata "embed."
  13. Klik tombol "Publish Post". Selanjutnya anda bisa kembali ke halaman situs dan melihat PowerPoint sudah tampil di halaman website Anda.
Yang Perlu Anda Maklumi:
  • Animasi PowerPoint tidak akan bekerja pada saat Anda melakukan embed kedalam posting Blogger.
  • Jika Anda memiliki Blogger dengan nama samaran, maka jangan mencantumkan nama Anda pada setiap slide presentasi, karena nama Anda akan muncul pada akun Blogger Anda.
Yang Anda perlukan untuk menampilkan PowerPoint di situs Anda:
• PowerPoint presentation
• Blogger account
Scribd account
• Microsoft PowerPoint program
• Email address

By: Eddy Pasaribu

1 komentar:

  1. MKSH infonya gan,, salam >>>http://qizz234.blogspot.com/

    ReplyDelete