Sunday, February 26, 2012

Cara Sehat Wanita Bersepeda

Sekarang ini kegiatan bersepeda mulai marak dimana-mana, baik b2w, acara fun bike yang berbau kekeluargaan, atau touring xc bersama teman-teman sekantor atau teman sekomplek perumahan. Kegiatan bersepeda ini tidak saja muncul sebagai pemersatu dan mengakrabkan kelompok, tapi juga memang bagus untuk kesehatan. Hanya, bagi anda yang wanita, perlu sedikit perhatian agar bersepeda tidak mengganggu "kewanitaan" anda.

Tentunya karena Anda bukanlah seorang atlet profesional, untuk melakukan kegiatan bersepeda ini juga tidak boleh sembarangan. Tetap ada aturan untuk melakukan pemanasan sebelum Anda kembali 'bergaul' dengan sadel. Luangkan saja sedikit waktu untuk melakukan gerakan berikut, terutama untuk otot betis dan 'daerah segitiga' Anda.

Betis
Olahraga bersepeda adalah olahraga yang memperkerjakan otot betis Anda dengan keras. Awali kegiatan bersepeda dengan medan yang tenang, lalu mulailah gerakkan pedal dengan kaki kiri ke bawah sampai kaki terentang dengan jari-jari kaki diarahkan ke atas. Tahan selama 20 detik, kemudian ulangi dengan kaki lain. Selain itu persiapkan sepeda anda dengan sadel yang empuk. Sadel yang cukup keras dapat membahayakan anda. Daya tahan tubuh wanita sangat berbeda dengan pria, maka jangan paksakan diri anda menyaingi kemampuan kayuhan pria saat bersepeda.

Selangkang
Daerah segitiga Anda alias selangkangan juga pasti terlibat dalam kegiatan bersepeda. Sebelum mulai bersepeda, duduklah di tanah dengan kedua kaki dibengkokkan pada kedua lutut Anda dengan kedua telapak sepatu saling menempel. Jagalah agar punggung tetap lurus dan peganglah jari-jari kaki Anda dengan tangan. Secara perlahan-lahan doronglah kedua lutut ke tanah dengan sikut dan tahan selama 20 detik. Setelah itu mulailah bersepeda. Diharapkan Anda menggunakan celana sepeda dengan pelapis busa yang baik. [ed]

1 komentar:

  1. Bravo bro...
    Keep gowes, make you healthty
    jangan lupa pake kaos distro buat gowes... di www.kedaimode.com

    ReplyDelete