Monday, June 1, 2009

Mengenang 40 Hari Emir Pane

"Ed, lu turun duluan ya!", Emir mendekati gw dengan gaya tunduk2 metronya. Saat itu kita dari team Bills Dept. Gajahmada akan melawan team kliring dalam pertandingan persahabatan sepakbola di lapangan mabad. Seperti biasa, gw sama Emir kadang cuma gede gaya doang dalam hal sepakbola. Datang ke mabad jelas karena segan sama boss doang (maklum si boss maniak sepakbola). "Heh, semua lo harus datang!!", kalo sudah diultimatum begitu sama si boss gw berdua emir biasanya yang paling semangat menjawab: "pasti boss...siiippp lahhh!!!".

Pada saat gw tanya emir "serius lu mau main besok??", emir cuma nyengir kuda dibalik kumisnya dan ketawa saat si boss udah masuk ruangannya, "gilak lu!, gw cuma nyenangin dia doang...hahaha.." dia ngakak!. Gw berdua emir emang paling gak kuat banget kalo main bola. Apalagi gw yg nafasnya setengah ngik..ngikk..gini..hahaha...

Orang2 udah pada di lapangan. Sementara gw sama emir masih tarik ulur siapa yg turun duluan. Dari jauh si boss udah manggil2 tanda pertandingan segera dimulai.

"Ayo mir, lu aja duluan!" gw nyuruh emir sambil memberinya semangat juang, "apalagi lu udah gaya banget tuh, sepatu, kostum, jimat..wah lengkap dah..ayoo..ntar gw nyusul" kata gw meyakinkan emir. Memang pada saat itu (untuk nyenangin boss gw berdua emir udah gaya abis pake kostum bola).
"Anjing lu!. Kalo ntar di lapangan gw pingsan gimana..??" emir ragu2.
"Gini, lu maen lima menit, abis itu lu lambai2 tangan, itu tandanya lu minta digantiin, ntar gw turun gantiin lu...gimana?" kata gw memberi saran.
"Bener ya!!!" jawabnya sambil nunjuk2. Jari telunjuknya hampir aja masuk ke lobang idung gw...wakakaka.. "beressss...!" balas gw dengan semangat kayak semangat maling kalo lagi dikejar plokis...

"Wei, Mir!. Pemain kurang satu nih, lu masuk!!" si boss teriak dari tengah lapangan nyuruh emir main. Do'i gak bisa berkutik dan sambil mengepalkan tangan ke muke gw dia pun lari ke tengah lapangan. Selameettttt...gw gak dipilih...hahaha. Enakan gw duduk2 sebagai pemain cadangan. Gak lari sana sini. Gak ngos-ngosan, keringetan, ngap-ngapan. Bahkan gw pernah trauma main sepakbola gara2 baru lima menit main rasanya banyak kunang2 di kepala gw....

Setelah lima menit pertandingan berlangsung gw liat emir menggapai-gapaikan tangannya. "Uhuuuuu..." dia teriak2 dari tengah lapangan memberi kode. Gw pura2 gak dengar aja!.
"Wei, monyettt!!" dia teriak2 ke gw sambil lari sana lari sini gak tau ngejar apaan. Yang gw tau bola gak ada di sekitar dia sih. "Heh, Ed..gantiin gw nih.." dia teriak lagi dari tengah lapangan ke gw yg lagi duduk sama anak2 kantor gw yg lagi nonton...
"Gantiin gimane, gw blon liat lu nendang bola minta digantiin?" balas gw teriak juga.
"Wah, gilak lu..gw dah mau mokat nih"
"tendang dulu bolanya sekali, baru gw gantiin"
"wah..parah lu!!" katanya sewot sambil lari kesana kemari trus jongkok. Lari lagi, jongkok lagi..hahaha, malah gw liat banyakan jongkoknya daripada larinya..wakakaka lagiii...

Itu salah satu kisah lucu yang gw ingat tentang emir...

Saat turun minum dia ngejar gw, "Setan lu, gw panggil2 diam aja!" katanya ngomel2. Gw cuma ketawa terbahak-bahak. Air mata gw ampe keluar ketawa nyeritain kelakuan dia di lapangan tadi, "lu banyakan boker daripada nendang bola...jongkok2 muluuu...hahahaha.." gw terkikik-kikik ngeledekin dia. Semua yg dengar liputan pandangan mata gw tentang emir pada ikut ketawa...hahahaha...

Babak kedua akhirnya memang gw yg ditunjuk si boss untuk turun. Gw liat emir merdeka...dan, gw pun gak jauh beda dengan emir; ngap-ngapan, lari sana sini kaga tentu juntrungan. Kadang gw mikir kalo-kalo gw ini supporter yg ada di tengah lapangan, cuma teriak2 sama kawan yang lagi bawa bola "ayoo jo, sikat..langsung ke depaaannn...yaaa..oke..over kanan..pass..pass..maju ben..over ke karnalis.." hahaha. Kalaulah saat itu sudah ada Beckham dan ikut nontonin gw, do'i pasti bingung; lho di indonesia main bola kok pake dua orang wasit ya ???.

Abis pertandingan gw duduk berdua sama emir sambil nenggak aqua gelas.
"Mir, di kepala gw banyak bintang2nya gak?" gw becandain dia..
Kami pun tertawa terbahak-bahak...hak..hak..hak...hak...

Sekitar tahun 1990-an Emir Pane dan gw pernah bekerja di Bank Niaga Jakarta. Meninggal dunia karena serangan jantung pada Minggu 19 April 2009. Selamat jalan Emir, semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah Swt...

0 komentar:

Post a Comment