List of Clients

Monday, July 8, 2013

Selecta: Taman Seribu Bunga di Kota Batu Malang

Jika Anda berwisata ke kota Malang, jangan lupa sempatkan mengunjungi kota Batu. Di kota ini Anda akan merasakan kesejukan alamnya. Banyak spot wisata yang bisa Anda nikmati di kota ini. Mulai dari alun-alun kota yang tertata rapih, pemandian air panas di Songgoriti, air terjun Coban Rondo yang indah, dan taman bunga Selecta dengan keaneka ragaman bunganya, serta banyak lagi.

Dalam kesempatan ini saya menyempatkan diri mengunjungi Taman Bunga Selecta. Bukan karena saya sekedar penggemar bunga-bunga, tetapi memang keindahan aneka bunga disini membuat saya 'lepas ingatan' dari kesibukan kota besar seperti Jakarta.

Selecta terdapat di Kota Batu, yakni sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius.

Selecta Batu Malang atau Taman Wisata dan Rekreasi Selecta Kota Batu adalah sebuah tempat rekreasi dan berwisata yang sudah di kenal sejak penjajahan belanda. Bagian dari Kota Wisata Batu yang memang terkenal dan tersohor sebagai “Pabrik” nya tempat wisata.

Taman ini di dukung pula dengan fasilitas struktur dan infrastruktur yang cukup lengkap. Selain terdapat tanaman 1000 Bunga, disini juga tersedia Water Park, Out Bound, Flying fox, Perahu Columbus, Kolam Ikan air tawar, Sepeda Air, Pasar Wisata (Buah, Sayur, Bunga), Area Jogging, Arena Kuda, Aquarium Raksasa dan Goa Singa dan Kolam Renang dari sumber air tanah alami pegunungan sekitar kawasan ini.

Air yang mengalir ke kolam renang selekta di anggap sebagai air suci “Tirta Kamandanu” konon sebagai sebuah tempat yang dulunya ditemukan oleh punggawa kerajaan Singosari bernama Arya Kamandanu setelah bertapa sekian lama saat mencari sumber air akibat kekeringan yang telah melanda negerinya.

Menurut catatan sejarah, Taman Bunga Selecta dulunya dimiliki oleh seorang penjajah Belanda, yang akhirnya diserahkan kepada Pemerintah RI untuk dikelola. Sejak tahun 1928, Selecta menyimpan kenangan historis dan peristiwa di jaman revolusi. Bung Karno selaku proklamator dan presiden pertama RI, konon kabarnya banyak merenung disini dan menemukan ide-ide untuk menyatukan bekas kerajaan besar Majapahit dan kerajaan-kerajaan lain di Indonesia seperti Sriwijaya, Mataram, hingga kerajaan di wilayah timur Indonesia.


Dari salah satu sudut taman Selecta inilah, tahun 1942 saat pendudukan Jepang, selama 15 hari Bung Karno dan beberapa tokoh kemerdekaan RI menginap di Villa De Brandarice yang kini dikenal dengan Vila Bima Shakti. Saat itu Bung Karno beserta tim menyusun ide perjuangan hingga lahirlah teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Begitu kira-kira...

LEGENDA SELECTA 

Menurut cerita rakyat, adalah seorang Belanda Ruyter De Wild meminta nasihat kepada seorang raja di Songgoriti untuk mencari tempat strategis yang akan digunakan sebagai tempat peristirahatan. Niatnya ingin memiliki taman untuk duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Kala itu sang raja mengutus seorang empu yang memiliki kesaktian tinggi dan mampu menerawang alam misteri.

Dari hasil terawang sang empu sakti, ditemukan beberapa tempat yang layak hingga akhirnya salah satu di daerah di Desa Tulungrejo dipilih dan diputuskan memenuhi syarat karena tanahnya yang harum. Tempat itu didatangi. Sang empu menancapkan lenteranya diatas tanah, kemudian diamati bahwa api lentera mengarah ke tempat tersebut. Tempat itu adalah lokasi taman bunga saat ini. Nama selecta kira-kira berasal dari pilihan beberapa tempat dari hasil kata 'seleksi'. Apakah cerita itu benar, tak tahulah...

Batu, 19 Juni 2013

1 komentar: