Sunday, November 12, 2006

Weblog, memperkenalkan diri Anda kemana saja

Apakah Anda orang yang masih pusing memperkenalkan diri Anda, reputasi Anda, keahlian, atau tulisan-tulisan Anda yang mungkin sangat bermanfaat bagi orang lain, karena Anda tidak tahu melalui media apa yang paling efektif memberitahukan itu kepada orang lain?.
Saatnya Anda melirik Weblog

Suatu ketika saya menemukan satu media interaktif di internet yang disebut weblog. Tapi saya bingung untuk apa weblog. Apa yang harus saya lakukan dengan weblog. Sampai akhirnya saya bertanya kepada sesama rekan netter “apa yang bisa saya lakukan dengan weblog?”.
Menurut salah satu penulis aktif di internet, Her Suharyanto, weblog pada dasarnya adalah salah satu situs pribadi yang dapat dijadikan media personal branding; yakni memperkenal diri Anda kepada siapa saja melalui jalur internet.

Weblog dalam perkembangannya sudah menjadi portal pribadi pemiliknya. Sama halnya dengan website perusahaan-perusahaan, maka weblog adalah website pribadi Anda. Jika pada website perusahaan Anda mendapatkan berbagai informasi tentang perusahaan dimaksud, maka dengan weblog Anda pun dapat menginformasikan apa saja tentang Anda. Hanya bedanya pada weblog sistemnya lebih dinamis karena mudah di update kapan saja.

Weblog sudah menjadi salah satu usaha untuk melakukan personal branding secara online. Melalui weblog anda bisa bercerita kepada pembaca mengenai siapa sejatinya diri anda. Isi weblog sepenuhnya berada dalam kendali anda. Kalau seorang wartawan hanya menulis isi presentasi anda di satu seminar, anda bisa menambahkan bahwa anda memang ahli dalam bidang yang anda sajikan. Lebih dari itu, anda bisa menyajikan portofolio atas keahlian itu. Kalau anda seorang dokter jantung yang hebat, mengapa tidak menceritakan kasus-kasus yang berhasil anda tangani? Kalau anda seorang pelukis, mengapa tidak anda foto lukisan anda, kemudian anda pajang foto itu di weblog Anda? Kalau anda seorang arsitek, mengapa tidak anda pajang karya-karya anda di sana ?

Dengan langkah-langkah tersebut di atas, anda bisa meyakinkan pengunjung anda, bahwa anda memang seorang pakar pada bidang tertentu.

Bagaimana membuatnya? Gampang. Ada begitu banyak software gratis yang bisa dipakai seperti di www.blogger.com. Kemudian anda bisa menempatkan hasil editan weblog anda di web personal anda atau di server gratis seperti www.blogspot.com misalnya. Atau di blognya www.friendster.com.

Lantas anda bertanya, tetapi bagaimana caranya agar orang lain mengenal weblog anda? Tidak terlalu bermasalah. Cara yang paling sederhana adalah dengan menuliskan alamat situs weblog anda di akhir email anda, entah yang dikirim untuk pribadi-pribadi tertentu maupun dikirim (terutama) melalui milis. Selamat mencoba !

1 komentar: