Pre-debut:
Sejak akhir 1990-an, agen bakat Korea dan label rekaman SM Entertainment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yang melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee, di pertengahan 1990-an. Black Beat dan M.I.L.K adalah dua anggota pertama kelompok untuk direkrut pada tahun 2000 di bawah SM's Starlight Casting System di Seoul.
Tidak lama setelah boy band TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boy band lain dengan cepat menyebar di Internet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boy band yang terdiri dari dua belas anggota akan melakukan debut di dekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi "The Gateway of Stardom Asia." Lee mengumumkan bahwa bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model, dan host radio sebelum debut. Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur, dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media yang sangat terinspirasi oleh konsep rotasi gadis Jepang grup Morning Musume, kelompok ini juga akan mengalami perubahan line-up, dengan anggota-anggota baru menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan ke pasar K-pop.
Untuk sementara kelompok itu dikabarkan akan bernama O.V.E.R, singkatan dari "Obey the Voice for Each Rhythm" (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama). Namun, sebelum nama ini diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia muda ketika pertama kali menjadi SM trainee. Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang berbeda kepada perusahaan pada sebuah piknik. Kemudian perusahaan memutuskan meresmikan grup ini bernama Super Junior, generasi pertama dari Super Junior.
Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Caught Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya pada 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.
Seperti dilansir Allkpop, (13/12) Gaon Chart mengumumkan bahwa album Super Junior, MR SIMPLE, yang mana dirilis pada bulan Agustus lalu telah terjual sebanyak 339,707 kopi hingga bulan November, menempatkan mereka sebagai artis dengan penjualan album terbesar di tahun 2011. Super Junior tengah berada di jalur mereka untuk menjadi artis Korea dengan penjualan album terbanyak selama tiga tahun berturut-turut.
Di tempat kedua terdapat SNSD yang merilis THE BOYS pada bulan Oktober lalu, di mana mereka mampu membukukan penjualan sebanyak 293,042 kopi hingga bulan November. Hingga saat ini terdapat selisih 46.665 dengan Super Junior.
Dengan jangka waktu yang tinggal sedikit hingga akhir tahun, analis mengungkap karena gap yang cukup besar, Super Junior layak mendapat garansi untuk membawa mahkota kemenangan tahun ini.
Dua tahun sebelumnya, anak-anak Super Junior mampu menjual 200,193 kopi lewat album BONAMANA di tahun 2010 dan SORRY-SORRY mengantarkan mereka untuk memperoleh Golden Disk Daesang pada tahun 2009.
Banyak yang percaya bahwa style musik Super Junior yang berbeda, di mana dilabeli sebagai SJ Funky oleh direktur musik SM Entertainment Yoo Young Jin, adalah faktor di balik kesuksesan mereka. Selain itu dikombinasikan dengan aktivitas para member dalam hal akting, MC membuat mereka memiliki dukungan publik yang kuat sehingga menetapkan posisi Super Junior di puncak setiap tahun.
"Pasar digital semakin berkembang, Super Junior menunjukkan kekuatan mereka dengan mendominasi penjualan album selama tiga tahun berturut-turut. Mereka telah menghadirkan ide-ide yang penuh misteri dan bekerja keras untuk bisa tampil friendly dengan publik melalui program seperti variety show, yang mana hal itu adalah salah satu kunci sukses mereka untuk masalah popularitas," ucap seorang perwakilan.
0 komentar:
Posting Komentar